Selasa, 03 Maret 2009

Doa Nashruddin tentang jodoh

Pernahkah anda mendengar doa Nashruddin ketika tengah gandrung pada seorang wanita? Begini kira-kira arti bacaannya: “Ya Allah, kalau memang si fulanah itu baik buat saya, ya Allah, maka dekatkan dia kepadaku. Tetapi jika memang menurut-Mu dia tidak baik buatku, tolong sekali lagi tolong, pertimbangkan lagi ya Allah!”

He…he… kurang ajar betul Nashruddin ini. Tapi, tahukah Anda, siapa Nashruddin itu? Jika kita mau berkaca pada wajah kita barangkali tidak mustahil, kalau dia itu sesungguhnya adalah kita sendiri. Bukankah kita juga sering kurang ikhlas atau nrima pada takdir yang diberikan Tuhan?

Bukankah kita sering ingin mendapatkan yang terbaik bagi dunia dan akhirat, namun ketika mendapatkan yang sebaliknya kita jadi tidak sabar dan marah-marah. Padahal Allah sudah memperingatkan sebagaimana firman-Nya:


Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak. (QS. An Nisa[4]: 19)


Memang manusia tidak bisa disalahkan dengan apa yang diketahuinya. Mereka menganggap baik sesuatu yang menarik hatinya, itu tentu tidak salah. Asalkan kemudian tidak melupakan hakikat sebenarnya dari apa yang disukai tersebut. Juga tidak melupakan tujuan hidup yang hendak dicapai. Hingga akhirnya dia bisa pasrah pada apapun kehendak Allah atas dirinya. Bukan hanya soal jodoh, tapi menyangkut segala hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar