Jumat, 06 Maret 2009

Gejolak di Masa Remaja

Saudara-saudara kita para remaja yang sedang duduk di bangku SMP tengah mengalami suatu perubahan besar dalam hidupnya. Suatu fase di mana ia mulai dikaruniai oleh Allah SWT nafsu syahwat terhadap lawan jenis dengan kecenderungan yang jauh lebih besar daripada sebelumnya. Terlebih bagi laki-laki. Pada wanita pun demikian, akan tetapi Allah memberikan rasa malu yang lebih besar. Maha Suci Allah yang telah menjaga kehormatan para wanita.

Tanda-tanda perubahan pada laki-laki ditandai dengan adanya mimpi ‘basah’ yang dibarengi dengan keluarnya cairan sperma. Karena itulah wajib bagi orang tua untuk mengajarinya bagaimana bersuci sebelum anaknya menemui keadaan tersebut. Jangan karena merasa malu atau tabu lantas kita biarkan anak menghadapi masalah barunya tersebut sendirian tanpa ilmu yang benar. Ini adalah amanah dari Allah. Kejadian tersebut adalah fitrah dari Allah, maka hendaknya kita sungguh-sungguh membantu mereka agar bisa menjalaninya dengan baik dan benar.

Tanda-tanda yang lain adalah berubahnya nada suara menjadi lebih besar, tumbuh kumis, cambang dan di sekitar kemaluannya, dan pertumbuhan badan yang pesat. Sedangkan bagi wanita adalah suara menjadi merdu, datang bulan (haid), serta bentuk tubuh mulai berubah seperti bentuk tubuh wanita dewasa. Ini biasa terjadi di masa-masa SMP bahkan sebagian di akhir masa SD.

Fase ini adalah fase penting pembentukan kepribadian sebab mereka berada pada keadaan yang serba tanggung, anak-anak bukan, dewasa juga bukan. Di zaman ini mereka mendapat tugas untuk belajar, jadi mereka harus menunggu sampai tugas mereka tersebut selesai barulah orang tua mengizinkan untuk menikah. Allah telah menganugerahkan hasrat kepada lain jenis ketika masih SMP, sedangkan mereka baru diizinkan menikah minimal setelah lulus SMA. Itu saja sudah jarang, kebanyakan disuruh kuliah dulu sampai selesai, dapat pekerjaan, hidup mapan, baru orang tua berkata, “Sekarang cepat-cepatlah menikah!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar