Selasa, 03 Maret 2009

Kejujuran dalam Doa harus disertai Ikhtiar

Jujur adalah suatu syarat yang sangat penting, baik dalam konteks hablum minannas maupun hablum minallah. Karena itu, doa yang jujur pun sangat penting bagi orang yang berdoa. Kejujuran dalam berdoa akan memposisikan orang yang berdoa pada titik awal yang konkret untuk memulai suatu proses yang sesuai dengan kemampuannya. Dengan demikian, ia bisa membedakan antara harapan dan rencana masa depan.

Saya punya teman yang berencana menikah beberapa bulan lagi. Kepada orang-orang ia utarakan rencananya itu. Namun ketika saya tanya padanya, bagaimana rencana untuk bisa menikah beberapa bulan lagi itu, ia tidak bisa mengutarakan. Siapa jodohnya, atau siapa yang akan dilamarnya, ia bilang sudah ada namun belum tahu apakah si gadis itu mau dengannya atau tidak. Ketika saya tanya usahanya, ia jawab, “Ah, itu sih gampang. Kalau Tuhan menakdirkan, nggak akan meleset dech!” Maka saya bilang padanya, “Kalau begitu, apa yang kamu lakukan itu baru sebatas harapan!” Teman saya hanya tersenyum simpul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar